Cara Sablon Kaos

Pasti banyak dari Anda berkeinginan mencoba mencetak desain spesial di kaos sendiri, bukan? Apalagi sekarang cara sablon kaos bisa lebih mudah dan memiliki banyak pilihan cara. Memang lebih praktis jika mengandalkan jasa berpengalaman.

Tapi biasanya terbatas bahan, jumlah minimum order, atau pun harga. Anda bisa mempelajari berbagai cara sablon kaos sendiri di rumah berikut ini. Kenali juga teknik sablon yang sederhana  dan umum digunakan.

Cara Sablon Kaos Sendiri

Pada dasarnya ada dua macam cara untuk sablon kaos. Tutorial video sablon sendiri di rumah pun sebenarnya dengan mudah bisa dicari. Kedua macam cara tersebut berupa:

Sablon Kaos Manual

Cara kesatu ialah cara manual. Manual di sini merupakan cara tradisional yang menggunakan berbagai alat untuk mencetak desain pada kaos. Cara sablon kaos manual untuk pemula bisa menggunakan teknik sablon mengandalkan beberapa jenis tinta.

Kekurangan dari cara manual yaitu jauh memakan waktu dan tentunya lebih rumit dibandingkan cara yang lebih modern seperti digital sablon.

Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya tinta, binder, lem papan, cairan pembersih afdruk, obat pengemulsi, hingga harus menyediakan ruangan khusus agar proses cetak berhasil sempurna.

Kekurangan lainnya ialah keterbatasan warna. Karena prosesnya lebih lama dan rumit, maka rata-rata mereka yang menggunakan cara atau metode ini hanya menggunakan 2 warna hingga 4 warna saja. Kebutuhan bahan kimianya pun tidak sedikit.

Biasanya hasil tergantung bagaimana Anda mengaplikasi cetakan sablon. Seperti ketepatan waktu dalam mengangkat cetakan, memoles tinta atau cat, dan sebagainya. Maka resiko gagal pun lebih tinggi.

Kelebihan sablon manual berupa warna yang tidak cepat pudar, jenis tinta sablon lebih banyak lagi, dan biaya produksi bisa disesuaikan. Namun dalam hal biaya ini harus diatur sedemikian rupa. Sebab jika hanya mengerjakan proses sablon satuan, maka biaya tergolong tinggi.

Disarankan mengerjakan lebih banyak agar jatuhnya lebih terjangkau dari segi harga. Ini makanya banyak tempat sablon manual yang sering memasang batas minimum order untuk menekan biaya proses sablon.

Sablon Kaos Digital

Berikutnya cara yang lebih modern yangi sablon digital. Dalam pengerjaannya bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan alat-alat yang juga lebih canggih seperti mesin printer. Terdapat beberapa pilihan teknik dalam cara sablon digital ini.

Di antaranya ada sablon DGT, sablon press, sablon polyflex, dan sublimation. Semuanya diproses dengan mencetak sablon menggunakan tinta yang kemudian dicetak oleh berbagai mesin seperti mesin press atau juga metode teknik polyflex yang memakai vinyl.

Kekurangannya terletak pada keterbatasan alat dan bahan. Pasti tidak semua dari Anda memiliki peralatan lengkap, kecuali memang membeli berbagai peralatannya untuk kemudian menjadi mesin sablon usaha di rumah.

Jika masih bingung dengan beberapa istilah, simak artikel tentang sablon : Pengertian Sablon lengkap dengan penjelasannya.

Berbedanya dengan cara manual, cara digital ini prosesnya lebih cepat dan mampu memproduksi sablon lebih banyak lagi. Jenis sablonnya pun bisa beragam, termasuk dalam hal pemilihan warna dan bentuk sablonnya.

Bahkan bisa mengerjakan sablon satuan dengan biaya yang cukup murah seperti teknik viny cutting. Teknik ini memang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir karena bisa diandalkan untuk mencetak sablon satuan atau hanya di satu dua kaos saja.

Setelah mengetahui apa saja cara sablon kaos paling dasar yang bisa dikerjakan di rumah, Anda bisa mendalami teknik-tekniknya di bawah ini.

Teknik Sablok Kaos Manual

Sudah dijelaskan, teknik sablon manual ini menggunakan beberapa bahan yang proses pengerjaannya memakan lebih banyak waktu, tetapi tidak membutuhkan mesin printer. Teknik ini banyak diterapkan ketika ingin coba mencetak kaos distro manual dengan desain khusus.

Mengecat dan menempelkan Motif

Tidak memerlukan minimum cetak sablon atau pun bentuk desain. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Teknik manual berupa pengecatan dan penempelan motif pada kaos secara langsung.

Aplikasi Pada Rangka dan Lumuri dengan Cat

Sebelumnya motif desain tersebut telah diaplikasikan pada cetakan dengan rangka. Umumnya rangka ini terbuat dari besi atau kayu, disertai media kertas. Kemudian lumuri cetakan dengan tinta cat.

Ini alasan mengapa cara manual terbatas terhadap penggunaan warna. Nah, setelah dilumuri cat dan sudah dipastikan sablonan telah menempel sempurna, baru angkat cetakan.

Pada proses pengangkatan cetakan pun harus hati-hati dan pastikan desain sablon menempel sempurna sebelum cetakan diangkat. Lanjut dengan cara cuci kaos yang perlu diperhatikan agar hasil cetakan tidak cepat hilang atau pecah.

Sablon Timbul Manual

Bagaimana dengan sablon timbul yang menggunakan hasil cetak rubber pada kaos? Ada dua pilihan yaitu menggunakan cara manual atau digital. Semua tergantung catnya saja. Sablon timbul manual ini juga memang disebut dengan teknik rubber.

Keterbatasannya yaitu hanya bisa dengan tinta hitam atau putih saja. Jangan lupa gunakan lampu UV sebagai alat bantu proses cetak.

Teknik Sablon Kaos Digital

Sementara teknik digital yang umum menggunakan mesin printer dan press ini ada beberapa teknik pilihan.

Sablon DGT

Cara sablon kaos sendiri pakai printer yang menggunakan proses DGT misalnya.

Siapkan mesin DGT (Direct to Garment) lalu pastikan isi tinta dengan warna yang sesuai kebutuhan. Setelah itu cetak seperti mencetak kertas di printer. Sangat mudah dan pengerjaannya cukup cepat.

Sablon Sublimasi

Jika ingin mencetak sablon yang bagus dan berbeda seperti sablon glow in the dark pada kaos, Anda bisa menggunakan teknik digital plastisol yang merupakan penggunaan tinta plastisol di mesin printer.

Teknik lebih modern digital ini bisa juga berupa cara sablon sublimation (sublimasi), mentransfer menggunakan media kertas khusus dan telah dicetak terlebih dahulu menggunakan tinta jenis sublim. Mesin printer yang digunakan berbeda dengan DGT.

Dalam teknik sublimasi ini memakai mesin press yang perlu ditekan pada kaos. Tujuannya agar tinta sublim menempel dengan baik. Biasanya metode atau teknik satu ini lebih banyak diaplikasikan pada kaos berwarna putih dan warna terang saja.

Sablon Heat Press

Karena hasilnya lebih jelas terlihat. Serupa dengan teknik sublimation, teknik digital lainnya yaitu heat press pun prosesnya tidak jauh berbeda. Hanya secara rinci ada perbedaan.

Penggunaan media kertas khusus untuk heat press memungkinkan cetak sablon pada banyak warna, termasuk kaos berwarna gelap seperti hitam.

Sablon Vinyl Cutting

Teknik sablon pada kaos secara digital terakhir ialah vinyl cutting. Anda tidak membutuhkan mesin sablon khusus dalam pengerjaannya. Hanya saja membutuhkan mesin cutter.

Caranya sangat mudah yaitu menempelkan stiker cetak ke kaos yang kemudian bisa ditekan menggunakan mesin heat press atau pun setrika panas. Baru lepas stiker ketika dirasa sudah menempel sempurna.

Baik dengan stiker, cetak, screen sablon atau cara digital lain, sangat disarankan memahami lebih dulu teknik dasarnya agar hasil sablon sesuai dengan yang diharapkan.

Begitu dengan cara mencuci pakaian dan menyetrikanya. Sebab cetakan sablon rentan rusak jika cara mencuci atau menyetrikanya salah.